Rabu, 16 Oktober 2013

Tips Memulai Usaha Konter Pulsa

Seiring berkembangnya teknologi dalam industri ponsel atau smartphone, saat ini kita dapat dengan dengan mudah menjumpai konter-konter pulsa yang ada disekeliling kita. Meski usaha yang satu ini semakin ramai digeluti oleh banyak orang, namun ternyata bisnis pulsa dan aksesoris HP tetap saja menjanjikan. Hal ini karena jumlah pengguna handphone juga terus bertambah setip harinya, bahkan bisa dipastikan jika saat ini setiap satu keluarga pasti salah seorang atau lebih anggotanya memiliki ponsel. Karenanya, tak heran bila angka penjualan pulsa tidak mengalami penurunan bahkan cenderung naik.
Bagi anda yang juga ingin membuka jenis usaha yang satu ini, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, sebelum anda memulai usaha konter pulsa. 

1. Persiapan Tempat Usaha dan Prasarana Berjualan

Pilihlah lokasi yang paling strategis untuk membuka konter pulsa anda, karena menurut survei yang pernah dilakukan, 80 % penjualan pulsa dipengaruhi oleh lokasi yang strategis. Beberapa tempat yang paling bagus untuk mendirikan konter pulsa diantaranya di sekitar perempatan jalan, tempat naik dan turunnya angkutan umum, pintu masuk kompleks perumahan, samping ATM/Bank, depan minimarket atau ruko, serta pusat-pusat keramaian lainnya.

Selain lokasi yang strategis, anda juga perlu mempersiapkan etalase berukuran 1 x 1 meter. Harga dari etelase dengan ukuran tersebut biasanya antara Rp. 300 - Rp. 600 ribu rupiah. Perlengkapan lainnya yang tidak boleh anda lupakan adalah papan harga yang bisa anda buat dengan whiteboard berukuran 1,2 x 1 meter. Anda dapat membelinya di toko-toko dengan harga sekitar Rp. 50 - Rp. 80 ribu rupiah. Untuk tempat duduk para pembeli yang datang, minimal anda harus menyediakan 2 buah kursi plastik.

2. Pilih Barang Dagangan

Saat berjualan pulsa di konter anda, tentunya anda harus menyediakan pulsa fisik maupun elektrik. Namun sebaiknya anda tidak perlu menyediakan stock pulsa fisik terlalu banyak, karena berdasarkan sebuah riset, 70 % penjualan pulsa di konter adalah pulsa elektrik, sedangkan 30% sisanya adalah pulsa fisik. Jadi yang perlu diperbanyak adalah deposit pulsa elektrik di konter anda. Untuk memantau perkembangan penjualan pulsa di konter anda, sebaiknya buatlah daftar penjualan pulsa berdasarkan provider. Hal ini bertujuan untuk mengetahui provider pulsa mana yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi, yang selanjutnya harus anda sediakan stocknya paling banyak juga.

Meskipun beberapa provider kadang memiliki tingkat penjualan yang rendah, bahkan tidak laku. Untuk menghindari kekecewaan pelanggan yang datang karena tidak tersedia stock, sebaiknya anda tetap menyediakan provider pulsa tersebut di konter anda. Untuk pulsa fisik ataupun elektrik, dapat dilakukan ke distributor atau agen penjualan pulsa, seperti di sentra penjualan ponsel dan pulsa yang ada di Roxy Mas atau ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

Untuk menghemat biaya pengeluaran, bagi para pemula sangat disarankan untuk menggunakan multichip ( satu kartu untuk semua provider ) karena hanya membutuhkan 1 buah ponsel saja. Namun jika anda memiliki modal yang cukup besar, hal tersebut bisa dilakukan dengan satu chip untuk satu provider, sehingga pembelian pulsa nantinya langsung dari provider bukan lewat distributor atau agen.

Selain pulsa fisik dan elektrik, anda juga bisa menyediakan beberapa accesoris hp di konter anda. Meskipun penjualan aksesoris biasanya tidak sebesar pulsa, namun keuntungan yang anda raih bisa mencapai angka 100 %, berbeda dengan pulsa yang biasanya hanya sekitar Rp.500 - Rp.1.500 ribu rupiah/transaksi. Aksesoris yang bisa dijadikan pilihan antara lain casing, baterai, tali hp, charger, keypad, headset/earphone, kaca antigores, hingga sarung HP.

3. Kiat Menjual Produk

Untuk menarik minat calon pembeli datang ke kontar anda, maka anda harus mengetahui kelebihan apa yang dimiliki oleh konter pulsa anda. Misalkan, konter anda harus memiliki pelayanan yang ramah, kios yang buka sampai malam hari, lokasi yang strategis bagi pembeli, hingga memberikan hadiah kecil seperti permen dan air mineral pun dapat anda coba terapkan di konter milik anda. Selain itu, anda juga harus mengikuti setiap perkembangan mobile yang terjadi, misalnya dengan membaca artikel di Internet, tabloid, dan koran. Agar pelanggan di konter anda semakin meningkat dan tidak pergi, sebaiknya anda juga harus mempertimbangkan untuk menerima servis terhadap permasalahan yang terjadi pada ponsel konsumen di konter anda.

Simulasi Perhitungan Usaha Konter Pulsa

Keperluan Biaya

Sewa Lahan Rp. 200.000; - Rp.300.000;
Etalase Rp. 300.000; - Rp.600.000;
Gaji Karyawan Rp. 500.000; - Rp.700.000;
Operasional Rp. 200.000;
Voucher Perdana Rp. 200.000;
Voucher Pulsa Rp. 1.200.000; - Rp.1.500.000;
Aksesoris Rp. 500.000;
Peralatan Servis Rp. 200.000;
Promosi Rp. 50.000;

Total Estimasi Biaya Rp. 3.350.000; - 4.250.000;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar