Minggu, 27 Oktober 2013

Tips Memulai Bisnis dan Usaha Bersama Pasangan

Bisnis kini tidak hanya dapat dijalankan seorang diri atau perorangan saja, namun juga bisa bersama dengan pasangan anda. Bahkan beberapa pasangan yang telah terjun membangun bisnis bersama mampu mebuktikan bahwa mereka bisa meraih kesuksesan. Sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan dengan pasangan terbukti lebih mempunyai visi yang jelas dan terarah. Selain itu, membuka bisnis bersama pasangan juga memungkinkan kita untuk saling berbagi tugas.

Jika anda tertarik untuk membuka sebuah usaha bersama dengan pasangan, berikut ini kami berikan tips memulai bisnis dan usaha bersama pasangan yang bisa anda terapkan, seperti yang termuat dalam situs ciputra entrepreneurship.

1. Sama-sama memiliki komitmen yang kuat

Anda dan pasangan anda harus memiliki sebuah komitmen bersama, seperti komitmen terhadap waktu dan perhatian terhadap bisnis yang sedang dirintis. Berusahalah untuk selalu bekerja bersama, sehingga tidak timbul perasaan paling memiliki diantara salah satu pihak. Dengan komitmen yang selalu dipegang dengan kuat, maka bisnis anda bersama pasangan pun akan berjalan dengan baik.

2. Pemilihan peran yang Tepat

Pemilihan peran yang tepat akan membantu pertumbuhan bisnis yang anda jalankan bersama pasangan. Pahamilah kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga pembagian tugas nantinya akan memberikan hasil yang maksimal. Secara alamiah, Wanita biasanya lebih cermat dalam hal manajemen keuangan sementara laki-laki memiliki kelebihan pada strategi dan kepemimpinan.

3. Mempunyai Visi yang Sama

Diskusikan lah visi yang ingin anda raih bersama pasangan anda. Proses menyatukan visi memang sulit, namun berusahalah untuk menekan ego masing-masing agar proses ini dapat dilalui dengan baik. Hal ini sangat penting dilakukan agar nantinya tidak ada suatu pertentangan di tengah jalan. Jika ada perbedaan carikan solusi yang saling menguntungkan. Jangan memaksakan kehendak salah satu pihak.

4. Saling Menghargai satu sama lain

Selalu menjaga perasaan masing-masing itu penting. Jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa paling berjasa dan menyumbang kontirbusi paling besar di bisnis yang awalnya dibangung bersama-sama. Karenanya, rasa saling menghargai itu penting, terutama agar hubungan yang terjalin selalu terjaga dengan baik.

5. Selalu bersikap Profesional

Masing-masing pihak harus bisa memisahkan antara mana masalah yang bersifat pribadi dan mana yang berhubungan dengan bisnis. Hal ini agar komitmen yang dipegang bersama-sama tidak runtuh akibat permasalahan yang sepele. Usahakan masalah yang timbul diluar bisnis jangan sampai mengganggu hubungan dengan relasi, pelanggan, dan mitra bisnis, karena hal ini tentu akan berakibat pada mundurnya usaha yang sedang anda dan pasangan anda jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar