Sabtu, 19 Oktober 2013

Peluang Usaha Bisnis Cetak Label

Walaupun label merupakan satu bagian kecil dari suatu produk, namun ternyata bisnis pembuatan dan cetak label cukup menjanjikan untung yang lumayan besar. Tidak hanya itu, pelaku usaha di bidang ini pun terbilang masih sangat sedikit, sehingga peluangnya masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin membuka usaha tersebut. Kita pasti sering menemukan berbagai jenis label pada produk-produk fashion seperti kaos, jeans, kemeja, jaket, topi, tas, sepatu, dan lain sebagainya, akan tetapi peluang usaha cetak label ini kurang dilirik oleh para pelaku usaha.  Padahal kebutuhan pasar akan usaha jasa ini sangatlah besar.

Menurut Bambang Wahyu Purnomo yang merupakan seorang pengamat kewirausahaan, usaha bisnis cetak label ini tentu memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya, terlebih lagi jumlah usaha konveksi rumahan, garmen, distro, dan usaha pembuatan pakaian borongan, serta maklon, yang saat ini terus bertambah pasti sangat memerlukan label pada produknya, sehingga usaha pembuatan label pun akan ikut terangkat. 

Tanggapan yang hampir sama juga dilontarkan oleh Vicky Satan yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif di perusahaan Bandung Creative City Forum (BCCF). Ia mengatakan jika persaingan dalam usaha cetak label skala rumahan masih sangat minim. Selain itu menurutnya, jumlah pelaku usaha di bisnis pembuatan label ini hanya sekitar 1% dari total pelaku usaha konveksi dan garmen yang ada saat ini. 

Meski ada juga beberapa perusahaan garmen yang telah memproduksi labelnya sendiri, namun masih banyak perusahaan yang menyerahkan masalah label produk mereka pada usaha rumahan pembuat label. Karenanya, ia sangat setuju dengan pendapat Bambang bahwa usaha ini memiliki prospek yang cerah di masa mendatang.

Selain produk fashion, saat ini label juga sangat diperlukan untuk mendukung produk-produk dalam bidang lainnya, seperti untuk kemasan produk UKM. Label akan sangat berguna untuk mendukung kemasan produk dalam plastik, produk minuman, label harga, barcode, serta untuk kebutuhan yang lainnya. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Maria Magdalena, bahwa saat ini masih banyak  produk UKM yang kurang dikemas dengan baik dan menarik, serta minimnya informasi produk yang bisa dimuat dalam sebuah label.

Walaupun peluang usaha dalam bisnis cetak label masih terbuka lebar, namun sebaiknya para pelaku usaha di bidang ini jangan sampai lengah dan harus kreatif. Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan label dengan bentuk yang unik, penempatan label pada produk yang sesuai, serta memberikan nilai lebih pada label.Kunci sukes segelintir pelaku usaha pembuatan label sangat diperngaruhi dari tepatnya memilih target pemasaran. Menurut Bambang, untuk mengawali usaha cetak label sebaiknya sasarlah usaha konveksi rumahan, distro, usaha maklon pakaian, serta butik terlebih dahulu, jangan menyasar perusahaan yang skalanya sudah besar, karena biasanya mereka sudah memiliki pembuat label sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar