Senin, 28 Oktober 2013

Peluang dan Tips Membuka Usaha Martabak Unyil

Anda tentu tidak asing lagi dengan makanan yang bernama Martabak. Makanan yang satu ini memang sangat populer dan hampir dapat ditemui diseluruh kota yang ada di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, martabak juga menjadi makanan yang cukup digemari di negara-negara maju sepeti Brunei Darussalam, Yaman, Malaysia, Arab Saudi, hingga Singapura. Tentu, sesuai dengan lokasinya , martabak juga memiliki versi dan varian komposisi yang berbeda-beda disetiap negara.

Di Indonesia sendiri, martabak memiliki bemacam varian, salah satu yang sangat terkenal dan disukai masyarakat adalah martabak telor dan martabak manis atau yang biasa disebut dengan martabak terang bulan. Martabak telur biasanya dibuat dengan campuran telur bebek dengan daging, sedangkan martabak manis dibuat menggunakan adonan tepung terigu yang isinya bisa disesuaikan dengan selera kita, seperti coklat, kacang, keju, dan yang lainnya.

Nah, selain dua varian martabak diatas, belakangan ini muncul varian baru dari martabak yang disebut dengan nama Martabak Unyil. Sesuai dengan namanya yang cukup unik, ukuran dari martabak yang satu ini memang terbilang cukup mini. Meski bentuknya unyil, namun martabak ini juga memiliki bermacam varian rasa yang cukup banyak. Beberapa diantaranya yang paling disukai adalah, Martabak Unyil rasa blueberry, kismis, nanas, dan stroberry.

Prospek dari usaha martabak Unyil bisa dikatakan sangat baik. Hal ini karena pelaku usaha di bidang ini masih jarang ditemui, sehingga peluangnya sangat terbuka lebar. Modal awal untuk membuka usaha martabak Unyil berkisar antara Rp.4 - 5 juta rupiah untuk keperluan seperti membeli gerobak, alat-alat masak, bahan baku, dll. Dengan modal yang tergolong kecil, usaha dari Martabak Unyil mampu mendatangkan Omset hingga Rp.10 juta rupiah setiap bulannya.

Selain modalnya yang sedikit, martabak unyil juga bisa dibuat dengan mudah. Untuk membuat adonanya, bahan baku yang perlu disiapkan antara lain tepung terigu, susu segar, telur, garam, gula pasir, ragi roti, baking powder, dan mentega. Semua bahan tersebut lalu dicampur dan dihaluskan, kemudian tuangkan adonan ke dalam loyang atau cetakan panas, lalu panggang selama kurang lebih 5 menit. Selanjutnya angkat, beri mentega dan toping sesuai selera. Martabak unyil pun siap disajikan.

Untuk memasarkan produk martabak Unyil agar lebih dikenal luas oleh masyarakat, anda bisa menggunakan spanduk, menyebar selebaran atau brosur, pamflet, poster, dan media sosial internet yang sedang populer saat ini seperti Facebook dan Twitter. Semua media tersebut terbukti ampuh untuk menarik minat calon pembeli datang ke usaha martabak Unyil anda.

1 komentar:

  1. Are you looking for free Facebook Followers?
    Did you know you can get these ON AUTO-PILOT AND ABSOLUTELY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    BalasHapus