Jumat, 25 Oktober 2013

Peluang Usaha Jasa Laundry

Mencuci baju kadang menjadi pekerjaan yang sangat menjengkelkan dan banyak membuat ibu rumah tangga kerepotan. Bagi sebagian orang, hal ini sering mereka alami, karenannya banyak orang yang menginginkan pekerjaan tersebut bisa diselesaikan tanpa harus menguras waktu dan tenaga, namun pakaian mereka tetap wangi dan bersih. Berangkat dari hal tersebut lah, sekarang ini banyak pelaku usaha yang membuka jasa cuci baju atau Laundry Kiloan. Jika anda tertarik, anda pun bisa menjalankan usaha ini.

Mengingat memiliki prospek usaha yang cukup baik, serta peluangnya yang masih terbuka lebar. Maka tidak ada salahnya jika usaha jasa ini menjadi pilihan untuk anda jalankan. Tapi sebelumnya, anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini untuk memulai usaha Laundry Kiloan.

1. Mengetahui cara mencuci pakaian yang baik dan benar, serta mengetahui cara mengeringkan berbagai bahan atau jenis kain dengan baik agar pakaiannya tidak rusak.

2. Mengerti tentang cara menghilangkan beberapa jenis noda yang sering membandel pada pakaian.

3. Persiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan, seperti mesin cuci dan setrika. Namun jika modal anda masih belum cukup, anda bisa menggunakan peralatan yang sederhana saja yang penting hasil tetap memuaskan.

4. Perhitungkan Gaji untuk para karyawan, jika anda memilkinya. Bila usaha laundry kiloan anda terus berkembang, sebaiknya anda menambah jumlah karyawan untuk mempertahankan pelayanan yang lebih baik.

5. Sebagai peralatan penunjang, anda juga bisa menambahkan beberapa meja, kursi, dan juga rak pakaian , serta keranjang pakaian kotor.

6. Selalu cermat dan jelly dalam memperhitungkan biaya operasional, seperti untuk membeli deterjen, membayar tagihan listrik, air, dan membeli pewangi.

Secara keseluruhan, modal awal yang anda perlukan untuk membuka usaha Laundry Kiloan ini sebesar Rp. 13 juta rupiah. Uang tersebut digunakan untuk membeli 3 unit mesin cuci Rp. 7,5 juta, 2 unit setrika listrik Rp. 500 ribu, serta sisanya untuk membeli kursi, meja, rak, pewangi, dan yang lainnya.

Untuk strategy usaha yang bisa diterapkan agar jasa Laundry Kiloan anda cepat berkembang, diantaranya adalah dengan memilih lokasi yang tepat, pemberian harga yang relatif lebih murah, serta pelayanan ekstra, seperti jasa antar jemput gratis.  Selain itu, anda juga bisa melakukan promosi, lewat beberapa media seperti poster, plang, pamflet, media jejaring sosial, atau yang lainnya agar pelanggan bertambah banyak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar