Jumat, 02 Agustus 2013

Peluang Usaha Jualan E-Book Online



[Peluang Usaha Online Oke] Pada pembahasan peluang usaha kali ini, kita akan mencoba mengenal lebih jauh tentang E-Book. Dimana akhir-akhir ini dari hasil pengamatanku secara pribadi, makin banyak saja situs-situs yang berjualan E-Book di internet.

Apa itu E-Book?

Alangkah baiknya, sebelum kita mengarah ke topik, lebih baik kita mengenal terlebih dahulu,apa itu E-Book? E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.

Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security. Untuk membuka ini dalam komputer Anda harus ada program Acrobat Readernya, bila belum ada, Anda dapat mendownloadnya atau mencari program di rental CD PC Program, akan sangat mudah di dapat.Cara membuka e-book ini sangat mudah. Anda dapat mendownload program tersebut (Acrobat Reader 5.0 dan WinZip 8.0) di berbagai situs, seperti www.download.com

Anda dapat menjalankan program Acrobat Reader melalui program files dalam komputer Anda, kemudian open dan cari dengan browser letak file e-book Anda, di folder mana Anda simpan. Biasanya bentuk icon file tersebut adalah seperti ini:


Carilah file yang ada gambarnya seperti contoh di atas atau yang berekstensi pdf. Kemudian klik tombol open.

Cara lain Anda bisa menggunakan browser lainnya terlebih dahulu, misalnya Window Eksplorer. Cari file yang seperti di atas kemudian klik dua kali. Maka E-Book yang Anda klik akan segera terbuka.

Itulah seputar pengertian E-Book. Lalu bagaimana caranya kita berjualan E-Book tersebut secara online? Berikut ini adalah langkah-langkah tahapan dalam rencana berjualan E-book secara online:
  1. Tentunya, kita diharuskan mempunyai sebuah situs / blog, jika belum punya buatlah terlebih dahulu.
  2. Setelah kalian mempunyai situs/Blog, desainlah situs tersebut semenarik mungkin
  3. Usahakan menentukan tema E-Book apa yang ingin kalian jual, apakah E-Book berisi kesehatan, tips ngeblog, atau novel juga bisa. Usahakan jangan terlalu kebanyakan tema jika kalian tidak ingin pusing.
  4. Dalam membuat E-Book, kita dituntut untuk bisa menulis, layaknya seorang penulis buku. Semakin original isi E-Book kita, maka semakin baik tentunya.
  5. Seperti biasa, lakukan promosi dimana pun kalian berpijak, entah itu di forum, di facebook, di twitter, atau keluarkan modal sedikit untuk memasang iklan jualan E-Book kita tersebut ke situs-situs Jasa Pemasangan Iklan.
Cukup segitu saja tips dariku, tentang bagaimana cara menjalankan Peluang Usaha Jualan E-Book Online ini. Bisnis ini memerlukan ketekunan, karena kita dituntut untuk bisa menulis layaknya seorang penulis buku. Itu jika E-Book yang ingin kalian jual adalah asli karya kalian sendiri. Tapi untuk menjual E-Book karya orang lain juga tidak masalah kok. Selama kita tidak melanggar hak cipta dari E-Book tersebut.

Malah, akhir-akhir ini juga makin sering aku temui para blogger yang memiliki keahlian dalam menulis novel, menjual novelnya tersebut ke dalam bentuk E-Book. Katanya, "daripada susah menembus penerbit, lebih baik dijual saja dalam bentuk E-Book."

Nah, hal itu bisa kita jadikan contoh juga, terutama untuk kalian yang memiliki bakat dalam menulis novel atau yang lainnya. Oke, selamat membuat E-Book!! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar