Jumat, 02 Agustus 2013

Peluang Bisnis Afiliasi Program Marketing

Peluang Bisnis Afiliasi Program Marketing


Kali ini masih seputar dunia bisnis internet. Karena jujur, internet itu adalah tempat yang paling cocok untuk berbisnis, serta gudangnya bisnis. Ya, apapun bisa dijadikan bisnis di internet. Salah satunya adalah dengan mengikuti program Afiliasi ini.

Pengertian Afiliasi

Apa itu Afiliasi? Dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi merupakan saduran dari kata “affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri. Secara singkat, afiliasi bisa juga diartikan sebagai “anggota” atau “cabang”.

Namun dalam terminologi bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk(affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk itu terjual. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.

Memang dalam mengikuti afiliasi, kita tidak membutuhkan skill tertentu, bagi seorang blogger yang mengikuti program ini, sama halnya dengan menjadi seorang publisher iklan yang pernah aku jelaskan sebelumnya dalam Bisnis Jasa Pemasangan Iklan dan Bisnis PPC, sistemnya hampir sama, setelah kita bergabung dengan sebuah perusahaan penjual produk yang  menjalankan program afiliasi, maka kita akan diberikan sebuah banner iklan yang nantinya akan kita pasang di blog kita. Hanya saja bedanya, kalo PPC, kita dibayar saat ada yang mengklik iklannya, sedangkan pada afiliasi kita dibayar saat ada yang membuka iklan tersebut lalu membeli produknya. Jika produknya tidak beli, maka sama sekali kita tidak memperoleh bayaran.

Untuk itu, kita tidak hanya cukup memasang iklannya saja, melainkan kita diharuskan bisa menjadi seorang penjual produk yang handal, yang harus mempromosikan produknya ke semua orang, agar orang tersebut tertarik untuk membeli.

Lalu, bagaimana caranya? Cobalah beberapa tips dibawah ini: 
  1. Jika kalian seorang blogger, buatlah sebuah postingan khusus yang membahas tentang afiliasi yang kalian ikuti tersebut, terangkan sejelas mungkin, semenarik mungkin, sehingga si pembaca merasa tertarik untuk mengunjungi situs tersebut dan berbelanja produknya.
  2. Promosikan produk afiliasi tersebut di forum-forum, atau media sosial seperti facebook, twitter, atau lain sebagainya. Jangan lupa tampilkan banner iklannya juga.
  3. Tempatkan banner iklan produk afiliasi tersebut di tempat yang strategis, atau selalu munculkan di setiap postingan blog kalian. Sehingga semua pembaca bisa selalu melihat iklan tersebut.
  4. Lakukan promosi tidak hanya di dunia maya saja, tapi di dunia nyata juga perlu kalian lakukan.
Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam proses pengembangan Bisnis Afiliasi yang kalian ikuti. Dan sebagai acuan, dibawah ini adalah contoh-contoh Bisnis Afiliasi yang sering diikuti oleh kalangan blogger akhir-akhir ini, silahkan kalian coba:

1. STORE.co.id



Jika ingin mendaftar (gratis), silahkan klik pada gambarnya.

2. CLOAP Program Afiliasi




Jika ingin mendaftar (gratis), silahkan klik pada gambarnya.

Untuk bisa menjalankan Bisnis Afiliasi ini, kalian harus login dulu menjadi membernya. Jangan khawatir, daftarnya gratis kok. Setelah login, maka kalian akan diberikan banner afiliasinya.

Memang, menjalankan Bisnis yang satu ini, kita tidak akan merasa dirugikan, karena produk yang kita tawarkan itu bukanlah produk kita sendiri. Akhir kata, kira-kira seperti itulah informasi mengenai Peluang Bisnis Afiliasi Program Marketing ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar