Jumat, 26 Juli 2013

Hindari 7 Penyebab Kegagalan Menjual Produk Sendiri

Hindari 7 Penyebab Kegagalan Menjual Produk Sendiri


Ingin berjualan produk yang Anda sendiri? Membuat produk sendiri dan menjual produk orang lain adalah dua hal berbeda. Jika Anda ingin berbisnisdengan membuat produk Anda sendiri, ada dua hal utama yang perlu Anda perhatikan, yaitu proses produksi itu sendiri dan strategi penjualan. Dengan berbisnis seperti itu, Anda harus siap menghadapi lebih banyak tantangan. Jika produk Anda tidak diterima dengan baik oleh konsumen, ada sesuatu yang salah dalam produk tersebut atau cara Anda dalam menjual. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Inilah 7 penyebab kenapa Anda gagal dalam menjual produk sendiri.
kegagalan-di-bisnis-online
1. Produk Tidak Menarik
Salah satu penyebab kegagalan dalam menjual produk ada pada produk itu sendiri. Jika produk tidak menarik atau tidak mempunyai keunikan tersendiri, sangat kecil kemungkinannya pembeli mau mengeluarkan uang untuk membayar produk tersebut. Untuk menarik konsumen, produk harus mempunyai keunikan tersendiri yang membedakannya dengan produk lain yang sejenis.
2. Konsumen Tidak Butuh Produk Tersebut
Kenapa konsumen enggan untuk membeli produk Anda? Bisa jadi mereka tidak membutuhkan produk tersebut. Untuk mengatasi kendala ini, ciptakanlah ‘kebutuhan’ tersebut. Informasikan keuntungan atau manfat yang bisa didapatkan dari produk Anda. Sebutkan juga kerugian yang harus ditanggung jika konsumen tidak memiliki produk Anda. Dengan metode tersebut, mereka akan merasa butuh untuk membeli produk tersebut.
3. Harga Tidak Menarik
Seringkali konsumen cukup sensitif dalam masalah harga ini. Untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, Anda bisa menekan harga jual produk Anda tentunya dengan jumlah yang wajar dan tidak memberatkan Anda sendiri.
4. Produk Tidak Berkualitas
Tidak ada konsumen yang mau membeli atau menggunakan produk tak berkualitas. Dengan kata lain, kualitas sangat menentukan penjualan produk Anda. Untuk membuat konsumen tertarik, prioritaskan pada kualitas produk tersebut dengan menggunakan alat produksi dan bahan terbaik yang bisa Anda berikan.
5. Strategi Marketing Tidak Tepat
Jika produk tidak berkualitas prima, produk tersebut masih bisa menarik minat konsumen dengan strategi maketing yang tepat. Anda harus fokus pada kegiatan ini untuk mengubah persepsi konsumen terhadap produk yang Anda jual. Namun, Anda tetap berkewajiban untuk memberikan kualitas sesuai harapan mereka.
6. Produk Tidak Membawa Manfaat
Salah satu harapan konsumen saat membeli produk apapun adalah manfaat yang bisa didapatkan dari produk tersebut. Jika produk tidak bermanfaat, mereka tidak akan pernah berpikir untuk membelinya. Nilai dari suatu produk ada pada manfaatnya.
7. Produk Tidak Dipasarkan di Tempat yang Tepat
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam penjualan produk adalah target penjualan dari produk tersebut. Promosikan produk Anda hanya pada konsumen potensial yang membutuhkan produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar