Jumat, 26 Juli 2013

5 Prinsip Menjual Ampuh Di Internet

5 Prinsip Menjual Ampuh Di Internet


Internet adalah tempat paling tepat untuk memasarkan produk atau jasa. Dengan memasarkan produk Anda di internet, Anda berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen meskipun tidak bisa bertemu langsung dengan mereka. Berjualan di internet adalah tantangan tersendiri karena prinsipnya sangat berbeda dengan penjualan pada umumnya. Setidaknya, ada lima prinsip yang perlu Anda perhatikan untuk menjual produk atau jasa di internet, apapun yang Anda jual.
1. Perhatikan Kualitas
Anda harus memperhatikan kualitas jika ingin mendapatkan untung besar dari penjualan di internet. Tidak peduli Anda menjual produk atau jasa, kualitas adalah hal utama yang tidak bisa ditawar. Untuk memberikan kualitas terbaik, Anda tentu harus rela sedikit ‘berkorban’ kepada konsumen. Prioritaskan konsumen dengan memberikan kualitas dan layanan terbaik. Jika berjualan produk, perhatikan kualitas produk yang Anda jugal dengan menggunakan alat produksi dan bahan terbaik. Jika menawarkan jasa di internet, kembangkanlah keahlian Anda untuk memberikan layanan yang lebih baik. Selain itu, jangan menerima order terlalu banyak di saat yang sama.
Peluang-Usaha-Mandiri-296x300
2. Luangkan Waktu untuk Promosi
Tidak ada gunanya memproduksi produk berkualitas jika tidak ada seorang pun yang mengetahui keberadaan produk tersebut. Untuk membuat konsumen mengenal produk Anda, luangkanlah waktu untuk melakukan promosi. Anda bisa berpromosi sendiri atau menggunakan jasa advertising dari pihak lain.
3. Cepat dalam Merespon Konsumen
Berjualan online berbeda dengan berjualan di dunia nyata. Konsumen hanya menghubungi Anda melalui alat komunikasi. Jika tidak direspon dengan cepat, mereka bisa beralih ke kompetitor Anda karena persaingan di internet memang sangat ketat. Jika tidak memprioritaskan konsumen, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang melimpah dari bisnis online ini.
4. Berikan Diskon atau Penawaran Khusus
Konsumen biasanya tertarik dengan diskon atau promo khusus. Jika Anda mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan, Anda pasti lebih tertarik untuk membeli produk dengan diskon khusus. Jangan sungkan untuk memberikan diskon tertentu bagi konsumen jika membeli produk dalam jumlah tertentu. Namun, jangan memberikan diskon terus-menerus. Penawaran khusus hanya diberikan untuk jangka waktu tertentu. Jadi, ada batasan untuk memberikan diskon.
5. Pantang Mengecewakan Konsumen
Jika konsumen sudah memberikan uangnya untuk membeli produk Anda, jangan sekali-kali mengecewakan konsumen tersebut. Ada efek berantai yang harus Anda tanggung jika mengecewakan konsumen, siapapun konsumen itu. Konsumen yang merasa dikecewakan biasanya akan mengajukan komplain atau surat terbuka yang akan dibaca oleh banyak orang. Jadi, orang lain akan tahu keburukan bisnis Anda dan mereka akan berpikir dua kali untuk membeli produk Anda. Jadi, Anda harus memberikan perhatian lebih kepada konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik. Mereka tidak akan segan-segan untuk memberikan testimoni yang akan membuat produk Anda semakin laris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar